Beranda » UMUM » Keistimewaan Kampung Batik Giriloyo Yang Perlu Diketahui

Mengenal Kampung Batik Giriloyo

Kawasan Imogiri Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki destinasi terkenal seperti Kebun Buah Mangunan, Makam Raja-Raja Kesultanan Jogja dan Solo dan masih banyak lagi yang lain. Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Imogiri Yogyakarta adalah Kampung Batik Giriloyo atau Desa Wisata Wukirsari.

Kampung ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke 17 masehi tepatnya pada masa pemerintahan kerajaan Mataram Islam.

Keahlian membatik yang dimiliki oleh masyarakat di Giriloyo diperkirakan merupakan warisan turun temurun yang didapatkan dari interaksi antara warga dengan abdi dalem Keraton penjaga  makam raja-raja Imogiri.Saat ini Kampung Giriloyo telah menjadi destinasi wisata yang terkenal dengan Batik Tulis khas Keraton yang sudah terkenal dengan ciri khasnya.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini untuk belanja dan belajar seni membatik tulis khas Yogyakarta sembari menikmati kuliner khas Giriloyo yaitu Pecel Kembang Turi,wedang uwuh dan aneka kuliner lainnya. Suasana tenang Kampung Batik Giriloyo, menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menyenangkan terutama bagi Anda yang ingin belajar seni membatik.

kampung batik giriloyo

kampung batik giriloyo

Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul memiliki keistimewaan yang membuat wisatawan betah berlama-lama mengunjunginya. Hal inilah yang menjadikan Desa Wisata Giriloyo tidak pernah sepi pengunjung terutama saat musim liburan tiba. Bagi Anda yang penasaran mengenai keistimewaan Sentra Batik Giriloyo, Berikut ulasannya.

Keistimewaan Kampung Batik Giriloyo.

1. Sentra batik tulis terbesar

Kampung batik Giriloyo merupakan sentra batik tulis yang terbesar di Jogja dengan jumlah pengrajin batik tulis lebih dari lima ratus orang.

 2. Produk Batik dikerjakan oleh kaum wanita.

Kampung Batik Giriloyo memiliki 12 kelompok pengrajin Batik yang kebanyakan anggotanya adalah kaum wanita. Sebagian masyarakat laki-laki di daerah pengrajin ini bekerja sebagai buruh di kota Jogja dan sebagian banyak yang sebagai Abdi Dalem Keraton dan sebagian wanitanya bekerja sebagai pengrajin Batik. Jika Anda pertama kali  memasuki  kawasan  Gazebo Wisata Batik Giriloyo, Anda akan melihat sekumpulan ibu-ibu sedang  membatik.

Dari keahlian tangan terampil kaum wanita di Sentra Batik Giriloyo, terciptalah Batik Tulis Giriloyo dengan  aneka ragam  motif yang sarat makna filosofis. Tak hanya kaya motif, Batik Giriloyo juga memiliki variasi harga jual yang ramah, berkisar 300 ribu hingga di atas 3 juta rupiah. Selain itu, Batik Giriloyo juga ada yang terbuat dari bahan pewarna alami dan bahan pewarna sintetis yang tahan lama.

3. Adanya paket wisata belajar batik. 

Kampung Batik Giriloyo semakin menggeliat pasca diresmikannya Gazebo Wisata Batik Tulis Giriloyo yang dinaungi Paguyuban batik tulis Giriloyo. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk belanja, melihat-lihat koleksi Batik hingga belajar membuat Batik. Hal inilah yang menjadi keistimewaan Sentra Batik Giriloyo yang memiliki paket wisata belajar membatik tulis khas Keraton Jogja.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Sentra Batik Giriloyo, secara tidak langsung telah menjadi alat pemasaran Batik Tulis Khas Keraton Yogyakarta. Sebab, selain dapat membeli produk Batik Giriloyo yang terkenal dengan kualitasnya, wisatawan juga dapat mendapatkan edukasi mengenai seni Batik Tulis yang telah menjadi budaya turun temurun masyarakat Giriloyo.

4. Produk batiknya klasik khas keraton Jogja.

Yang menjadi ciri khas dari batik Giriloyo adalah batik-batik klasik khas keraton,mereka belajar secara secara turun temurun dari orang tua mereka sebelumnya.

5. Pusat studi dan penelitian batik tulis.

Banyak sekali penelitian tentang batik tulis yang ada di kampung batik Giriloyo dari tahun ketahun semakin meningkat baik untuk skripsi atau penelitian yang lain tahun 2019 ada hampir 50 penelitian di kampung batik Giriloyo.

6. Pemberdayaan masyarakat di kampung batik Giriloyo

Banyak sekali kegiatan di kawasan batik yang bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat  yang bisa untuk 

  • Melestarikan budaya batik sebagai budaya adiluhung bangsa.
  • Membuka lapangan kerja baru bagi anak – anak yang putus sekolah dan ibu – ibu rumah tangga 
  • Mengembangkan potensi wisata yang ada di Giriloyo.
  • Menumbuhkan semangat wirausaha bagi masyarakat sekitar.

Demikianlah ulasan tentang  keistimewaan Kampung Batik Giriloyo yang tetap eksis hingga saat ini. Dengan ragam keunikan dan keistimewaan yang dimiliki, Kampung batik Giriloyo menjadi satu dari sekian banyak destinasi yang bisa menjadi alternatif untuk berwisata edukasi dan belanja batik tulis.

Anda juga bisa membaca tulisan kami yang lain tentang paguyuban batik Giriloyo

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.