Beranda » GALERI » Pemasaran Batik Tulis Giriloyo
pemasaran Batik Giriloyo

Galeri Kampung Batik Giriloyo

Pemasaran Batik Tulis Giriloyo

Kehadiran Batik Giriloyo sebagai oleh-oleh khas Jogja telah diperbincangkan banyak orang dan banyak sekali orang yang bertanya bagaimana pemasaran batik Giriloyo.

Pesona Motif Batik Giriloyo telah memikat banyak orang terutama Pencinta Batik.

Lestarinya tradisi membatik yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Batik Tulis Giriloyo sejak abad 17 masehi hingga sekarang, telah mendatangkan pundi-pundi rejeki bagi keberlangsungan hidup penduduk kampung batik Giriloyo.

Semakin berkembang pesatnya zaman, menjadikan Batik Tulis Giriloyo semakin dikenal oleh dunia, hal ini dibuktikan dari semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kampung Batik Giriloyo, baik lokal maupun manca negara.

Adanya kunjungan wisatawan ke Kampung Batik Giriloyo semakin mempermudah pemasaran batik Giriloyo produk Batik buatan masyarakat Giriloyo.

Keunikan Motif Batik Giriloyo memberikan keuntungan berlimpah pada Pengrajinnya, terlebih lagi jika melihat status Jogjakarta sebagai Kota Batik tentunya menjadikan transaksi penjualan Batik Tulis semakin meningkat.

Dari keterangan Tribun Jogja pada tanggal 2 Oktober 2017, omset Pengrajin Batik Giriloyo Tembus Milyaran rupiah.Adanya omset yang fantastis, tentunya menunjukkan bahwa Batik mampu mendatangkan kesejahteraan Bagi Pengrajinnya.

Namun, perputaran uang di Gazebo Wisata Batik Giriloyo tak terlepas dari adanya strategi pemasaran yang unik, baik dari para pengrajin maupun pihak pengelola KampungĀ  Batik Giriloyo. Berikut ini akan disajikan strategi unik pemasaran Batik Giriloyo yang mampu mendatangkan omset milyaran simak ulasannya di bawah ini.

Strategi Pemasaran Batik Giriloyo

Paguyuban Batik Giriloyo yang menjadi ikon kampung batik menerapkan strategi pemasaran batik Giriloyo dengan melakukan berbagai hal mungkin menjadi salah satu yang membuat kampung ini jadi terkenal.Strateginya antara lain:

  1. Dengan edukasi Seni Membatik Tulis Khas Keraton Jogja.

Kampung Batik Giriloyo merupakan desa wisata yang terkenal dengan edukasi seni membatik tulis diatas kain dengan menggunakan canting yang hasilnya bisa dibawa pulang untuk cendera mata. Adanya edukasi berupa seminar atau workshop membatik di Gazebo Wisata Batik Giriloyo mendatangkan omset bagi Kelompok Pengrajin Batik Giriloyo.

Kegiatan edukasi membatik tulis di Giriloyo dikemas dalam paket wisata Batik Giriloyo yang dapat diikuti oleh maksimal 500 peserta atau 10 bus. Melegendanya Batik terutama yang dibuat dengan menggunakan teknik tulis, tentunya mengundang rasa penasaran masyarakat terutama pencinta Batik. Oleh karenanya, paket wisata Batik Giriloyo banyak diminati masyarakat semua kalangan.

Terbukti dari keterangan Tribun Jogja yang menunjukkan bahwa jumlah pengunjung Gazebo Batik Giriloyo tembus sebanyak 20 ribu pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Edukasi seni membatik tentunya menjadi bagian dari strategi pemasaran Batik Giriloyo yang unik dan menarik, sebab edukasi merupakan strategi penjualan yang mampu menarik pembeli secara tak langsung.

  1. Bekerjasama Dengan Agen Wisata Jogja.

Aneka ragam obyek wisata di Jogja, membuatnya selalu dibanjiri pengunjung setiap bulannya. Hal inilah yang dibaca oleh pengelola Kampung Batik Giriloyo untuk memasarkan produknya. Adanya kerjasama dengan agen wisata Jogja, tentunya menjadikan pengrajin Batik Giriloyo dibanjiri rejeki. Selain itu, tersedia juga paket wisata belajar membatik serta fasilitas pendukung lainnya.

Selain dapat belajar serta belanja Batik, Pengunjung desa wisata Giriloyo juga dimanjakan dengan sajian kuliner khas Giriloyo yaitu Pecel Kembang Turi dan aneka kuliner lainnya. Harga paket wisata Batik Giriloyo juga terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.Hal inilah yang menjadi daya tarik Kampung Batik Giriloyo, sehingga Batik Tulis Giriloyo selalu laku terjual.

  1. Menyediakan Batik Klasik berciri Khas Batik Giriloyo atau Yogyakarta

Batik khas Yogyakarta yang memiliki ciri tersendiri. Warna latar batik khas Jogja adalah warna putih atau biru agak hitam. Dengan warna yang di dominasi warna coklat atau soga,warna putih,biru tua serta biru kehitaman.Jika diperhatikan warna batik khas jogja mengarah pada warna tanah sesuai dengan kondisi kraton Yogyakarta waktu itu yaitu berhubungan dengan pertanian sebagai mata pencahariannya.

Kampung batik Giriloyo lewat paguyuban batik tulisnya yang mengelola desa wisata Wukirsari menjual batik yang klasik yang merupakan ciri khas dari batik Yogyakarta,ada ratusan kain batik dengan berbagai motif klasik yang di jual di galeri batik Giriloyo.Dengan banyaknya motif klasik yang di jual di batik Giriloyo menjadikan image tersendiri bagi masyarakat bahwasanya kalau pingin membeli batik tulis asli dan klasik ya di batik Giriloyo.

4.Pemasaran Batik Giriloyo Dengan Menonjolkan Menjual Batik Tulis

Dengan hanya menonjolkan menjual batik tulis akan menciptakan persepsi orang bahwa kalau ingin membeli batik tulis asli ya di kampung batik tulis Giriloyo.

Demikian sebagian dari pemasaran batik tulis Giriloyo tentunya masih banyak kelebihan lain yang menjadi ciri khas batik Giriloyo yang menjadi daya tarik pembeli misalnya motif klasiknya atau motif keraton dan juga batik warna alam.Anda juga dapat melengkapi membaca artikel sebelumnya tentang sejarah batikĀ  Giriloyo.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.