Beranda » GALERI » Motif Batik Cantik dari Kampung Batik Giriloyo
Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo

Batik menjadi salah satu warisan khas Indonesia yang menawarkan berbagai macam motif dan warna. Di kampung batik Giriloyo, Sahabat Batik bisa belajar membatik langsung dengan pilihan motif yang diinginkan. 

Namun, jika ingin membelinya langsung, Sahabat Batik dapat melihat katalog produk di etalase kami.

Motif Batik di Kampung Batik Giriloyo

Sahabat Batik perlu mengetahui bahwa batik di Indonesia ada banyak jenis dan motifnya. Berikut ini merupakan beberapa motif batik yang dijual di tempat kami, Giriloyo. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Wahyu Tumurun

Ini adalah suatu jenis batik yang termasuk batik keraton dan biasa digunakan oleh mempelai pengantin pada waktu panggih. Motif batik wahyu tumurun memiliki makna dan filosofi tertentu. Terdapat pola mahkota terbang yang merupakan motif utama dan memiliki arti “kemuliaan”.

Untuk pernikahan, motif wahyu tumurun menyimbolkan berkah kehidupan yang lahir batin dalam berumah tangga. Selain itu, menyimbolkan keharmonisan dan juga kebahagiaan hingga selama-lamanya.

  • Mega Mendung

Motif batik selanjutnya dari kampung batik Giriloyo ialah mega mendung. Motif batik asal Cirebon ini sudah sangat terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Batik yang satu ini terdiri dari kata “Mega” yang artinya “langit” atau “awan”. Lalu, untuk “Mendung” yang artinya “langit yang meredup”.

Pada umumnya batik dengan motif mega mendung ini mempunyai desain yang sederhana dan warna yang kalem. Hal ini karena senada dengan motif utamanya yaitu berbentuk awan.

  • Kawung

Motif batik kawung memang nampak lebih sederhana, namun mempunyai nilai filosofis yang tinggi. Motif batik yang berasal dari Jogja ini mempunyai bentuk pola irisan buah kawung, atau kolang kaling.

Motif kawung juga memiliki makna agar setiap orang yang menggunakan motif ini, bisa menjadi orang yang ideal dan unggul dalam berbagai hal. Motif batik kawung sering dijadikan berbagai kebutuhan seperti kemeja, kain biasa, sprei, atau sarung bantal.

  • Parang

Salah satu jenis motif batik yang biasa ditemukan di kampung batik seperti Giriloyo adalah motif Parang. Ini adalah motif batik yang berasal dari Yogyakarta. Motif batik parang mempunyai makna filosofi serta aturan tersendiri.

Batik parang berasal dari kata “Parang” yang memiliki arti sebagai “lereng” atau “tebing”. Motif batik parang ini simbol dari ombak laut sebab mempunyai pola geometris yang menyerupai bentuk huruf S.

  • Ceplok

Motif batik yang biasa ditemukan di kampung batik terakhir ialah motif ceplok. Biasa disebut sebagai batik ceplokan dan termasuk jenis batik asal Yogyakarta. Motif batik ini memiliki unsur yang simetris dan membentuk sudut 4 arah.

Ciri khas dari motif batik ini adalah didominasi dengan bentuk geometris, menggunakan elemen simetris yang diulang, serta karakternya yang unik.

 

Kampung Batik Giriloyo Penghasil Batik Berkualitas

Setelah Sahabat Batik mengetahui beberapa contoh motif di atas, Sahabat Batik bisa membeli batik yang diinginkan di Giriloyo. Kami adalah Sentra Batik Tulis yang terletak di DIY Yogyakarta.

Kampung Batik Giriloyo menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat bermanfaat dan informatif. Di tempat kami, Sahabat Batik bisa melihat beragam motif batik yang sangat cantik dan memiliki kualitas yang premium.

Hal ini karena kami menggunakan bahan berkualitas serta proses pengerjaan yang dilakukan secara manual. Apabila Anda tertarik untuk melihat semua koleksi yang kami produksi, Anda bisa menelusuri terlebih dahulu website resmi kami.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.