Beranda » PAGUYUBAN » Mari Kenalan Lebih Jauh tentang Sentra Batik Giriloyo
Sentra-Batik-Giriloyo

Sentra-Batik-Giriloyo

Batik merupakan identitas nasional bangsa Indonesia. Hampir di tiap pertemuan tingkat internasional, perwakilan Indonesia yang hadir akan mencoba mengenalkan batik kepada kolega yang hadir.

Misalnya Gala Dinner KTT G20 kemarin yang sempat ramai dibicarakan. Bagi orang asing yang cukup mengenal Indonesia, mereka akan mengatakan bahwa batik sangat indah. Bahkan UNESCO menobatkan batik sebagai warisan budaya yang wajib untuk dirawat.

Untuk itulah, sebagai anak bangsa Indonesia kita wajib melestarikannya, salah satu cara melestarikannya adalah dengan mencintai produk dan budaya batik  itu sendiri. Salah satu tempat yang masih melestarikan budaya batik adalah  Sentra batik Giriloyo.Kampung ini  yang merupakan  kampung batik di Yogyakarta yang masih melestarikan budaya batik di Indonesia dan marilah kita sejenak mencari tahu tentang sentra batik Giriloyo yang merupakan salah satu penggiat batik tulis asal Yogyakarta.

Apa itu Sentra Batik Giriloyo?

Sentra Batik Giriloyo merupakan sebuah kawasan di Yogyakarta yang secara turun-temurun telah mewarisi kerajinan batik tulis. Telah ratusan generasi keluarga di kawasan ini menjadikan batik sebagai bagian dari passion mereka untuk menjaga identitas budaya Indonesia.

Secara geografis, kawasan Sentra Batik Giriloyo terletak di desa Wukirsasi, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah.

Kampung ini kurang lebih berada di 20 km ke arah selatan dari pusat kota Yogyakarta. Sebagai tambahan informasi, area pengrajin batik tulis ini berada dekat dengan  kompleks dengan pusara para raja kerajaan Mataram,Yogyakarta,Surakarta serta makam para seniman agung di masanya dulu.

Alternatif Sentra Batik Giriloyo

Penting untuk kami sebutkan bahwa selain Desa Wukirsari, Sahabat Batik juga bisa mengunjungi dusun Giriloyo,dusun Cengkehan, dusun Karangkulon, dusun Kedung Buweng, dan Nogosari I & Nogosari II.

Dari alternatif yang kami sebutkan, hanya dusun Giriloyo, dusun Cengkehan dan dusun Karangkulon merupakan kawasan yang paling produktif menghasilkan beragam kerajinan batik tulis halus bercorak khas warna soga atau cokelat.

Ada Berapa Jenis Batik?

Setidaknya, ada tiga jenis batik yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Meliputi batik tulis, batik cap, dan batik print. Namun menurut kami batik print tidak masuk dalam golongan batik,batik print itu hanya merupakan gambar batik .disebut batik kalau pembuatannya memenuhi unsur pembuatan batik  salah satunya penggunaan malam atau lilin panas untuk menutup warna. Dengan urutan kerumitan, batik tulis menempati posisi teratas.

1.      Batik Tulis

Batik Tulis menempati urutan utama dalam produk batik karene proses pembuatannya yang termasuk rumit dan batik ini biasanya lebih mahal. Proses pembuatannya bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan karena dibuat murni menggunakan tangan, canting dan lilin. Biasanya dikerjakan oleh perempuan.

2.      Batik Cap

Merupakan batik yang dibuat dengan menempelkan tembaga yang telah diukir terlebih dahulu sesuai dengan motif yang diinginkan. Selanjutnya stempel tersebut ditekan di atas kain. Batik ini cocok diproses oleh laki-laki.

Batik print adalah  merupakan jawaban dari tantangan teknologi. Batik tipe ini dibuat dengan menggunakan bantuan teknologi digital, sehingga motif yang dibuat serba digital Sehingga pembuatannya lebih mudah dan murah

Dari  jenis batik yang telah disebutkan di atas, Sentra Batik Giriloyo menggiati batik tulis halus yang membutuhkan waktu lebih lama untuk membuat satu kain batik siap pakai untuk dijadikan gaun atau busana Sahabat Batik.

Proses Membuat Batik Tulis

Telah disebutkan bahwa batik tulis merupakan signature dari Sentra Batik Giriloyo. Maka dengan ini mari kita cari tahu sebenarnya bagaimana urutan membuat batik jenis ini?

1.      Desain

Desain yang diusung dalam kain batik biasanya memiliki makna filosofis yang dalam. Misalnya motif tema geometri, alam, maupun motif lainnya.

2.      Tracing

Tracing adalah memindahkan motif dari kertas ke atas kain dengan menggunakan pensil.

3.      Lilin atau Malam

Proses selanjutnya adalah menggunakan malam dengan bantuan canting untuk menggambar pola di atas kain. Proses ini memakan waktu hingga berminggu-minggu.

4.      Mewarnai

Setelah proses membatik selesai, dilakukan pewarnaan.

5.      Perebusan

Proses ini dilakukan untuk melunturkan sisa malam. Dengannya warna serta motif batik bisa terlihat.

6.      Pengeringan

Setelah semua proses yang telah disebutkan selesai, maka saatnya untuk proses pengeringan. Kain batik yang telah jadi, dijemur supaya siap untuk dijadikan bahan pakaian.

Jadi itulah tadi informasi tentang Sentra Batik Giriloyo. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang kampung wisata batik tulis ini, kunjungi situs resmi kami di Batik Tulis Giriloyo.

Mari kenalkan warisan budaya Indonesia dengan mengajak sanak saudara Sahabat Batik mengenal lebih dekat tentang batik tulis dengan mengunjungi Sentra Batik Giriloyo.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.