Hotline 081328174522
Informasi lebih lanjut?
Home » WISATA » Desa Wisata Wukirsari, Pusat Edu Batik di Jogja dengan Sejuta Pesona
Desa Wisata Wukirsari

Desa Wisata Wukirsari

Desa wisata Wukirsari merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat seru yang sangat baik untuk dikunjungi bagi wisatawan lokal atau mancanegara yang gemar mengunjungi suasana desa dengan ragam alam dan budayanya.

Apalagi Yogyakarta merupakan daerah yang sangat terkenal dengan sejarahnya. Ada begitu banyak budaya khas di Kota Yogyakarta, sehingga desa-desa wisata di dalamnya sangat menarik untuk dikunjungi, termasuk desa Wukirsari ini.

Desa Wukirsari terletak di kawasan Bantul. Wukirsari menjadi salah satu desa wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu saja ada banyak hal menarik yang desa ini tawarkan.

Indahnya Pesona Desa Wisata Wukirsari

Sudah diketahui masyarakat umum apabila Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang menjadi pusat wisata di Pulau Jawa. Ada begitu banyak lokasi wisata alam menarik di Kota Yogyakarta ini.

Apabila Anda berlibur ke Yogyakarta, sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung ke desa Wukirsari. Ini merupakan salah satu desa wisata terpopuler yang ada di Yogyakarta.

Lokasi dari desa Wukirsari ini ada di Kapanewon / Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Desa wisata ini berlokasi kurang lebih 17 km ke arah selatan Kota Yogyakarta dengan karakter topografi yang khas.

Desa Wukirsari sebagian besar berada di wilayah perbukitan dengan area kontur permukaan yang sedang. Panorama alam pedesaan ini sangat kental, sehingga para pengunjung dijamin akan bebas melepas penat di sini.

Sentra Kerajinan Batik Yogyakarta 

Terdapat total 16 dusun di desa wisata Wukirsari ini. Dari seluruh dusun yang ada di desa Wukirsari, tiga di antaranya memiliki penduduk yang 90% perempuan berprofesi sebagai seorang pengrajin batik tulis. Dusun tersebut adalah Giriloyo, dusun Cengkehan, dan Karangkulon.

Bahkan secara kebetulan kondisi ketiga desa ini berdekatan, sehingga bukan hal yang aneh jika kemudian Desa Wukirsari menjadi pusat kerajinan batik tulis terbesar yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Potensi dari desa ini kemudian berhasil dikelola dengan baik oleh sebuah paguyuban yaitu Paguyuban Batik Giriloyo. Dengan adanya potensi budaya adiluhung tersebut ,desa Wukirsari kemudian dikemas menjadi desa wisata.

Di desa Wukirsari ini, para wisatawan akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan proses pembuatan dari batik tulis. Semua batik tulis tentunya dikerjakan oleh para wanita terampil dari ketiga dusun utama. Bukan hanya itu, wisatawan bahkan juga bisa melihat berbagai produk batik tulis bergaya klasik dengan motif tradisional dengan warna alam maupun warna sintetis.

Koleksi batik klasik tersebut dipamerkan di salah satu ruangan milik Paguyuban Batik Giriloyo. Selain wisatawan lokal, banyak juga wisatawan luar negeri atau mancanegara yang berkunjung ke desa wisata Wukirsari ini.

Biasanya bahkan wisatawan mancanegara tersebut akan sangat antusias dalam melihat pesona batik khas Jogja. Bahkan, mereka seringkali memborong batik dan belajar membatik dengan benar di desa wisata satu ini.

Daya Tarik Desa Wisata Wukirsari

Sejak dikembangkan menjadi sentra batik tulis beberapa tahun silam, desa wisata Wukirsari semakin menjadi sorotan. Ada begitu banyak lembaga maupun instansi yang ingin menjadi mitra dalam pembangunan usaha pariwisata atau pembangunan destinasi wisata di wilayah mereka masing-masing.

Bahkan desa Wukirsari juga sering menjadi destinasi study karena kesuksesannya menjadi salah satu pusat wisata di Kabupaten Bantul. Ada begitu banyak hal menarik yang desa wisata ini miliki, yaitu sebagai berikut.

  • Pada tahun 2014, desa Wukirsari berhasil mendapat penghargaan sebagai juara harapan ke-3 dalam Lomba Desa Wisata yang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adakan.
  • Desa Wukirsari juga mendapat julukan sebagai desa perintis. Hal itu karena adanya beberapa objek wisata dan atraksi kesenian yang masih para warga desa junjung tinggi. Wukirsari merupakan desa yang sukses menjadi perintis seni batik tulis serta wayang dengan teknik tatah sungging.
  • Karena topografinya yang ada di perbukitan, desa wisata Wukirsari tentu memiliki daya tarik berupa pemandangan alam yang memukau. Biasanya para wisatawan akan menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar pemandangan desa yang menarik.
  • Berkunjung ke desa Wukirsari tidak akan membosankan karena terdapat banyak pilihan objek wisata di sekitarnya, mulai dari makam-makam raja Mataram, Watu Lumbung, Pusat Pengobatan Gurah, karang Kulon, Kerajinan Bambu, Seni Batik, dan Tatah Sungging.

Fasilitas Menarik Desa Wukirsari

Desa Wukirsari sendiri memiliki misi atau impian untuk menjadi desa wisata berbasis wisata budaya dan wisata alam dengan tetap mengedepankan pemberdayaan masyarakat, konservasi, dan pengembangan yang berorientasi pada kepuasan pengunjung.

Dari hal tersebut, maka terlihat jelas bahwa desa wisata Wukirsari ini memiliki komitmen yang besar untuk selalu menjaga kepuasan para wisatawan yang berkunjung. Untuk menarik wisatawan, sebenarnya desa Wukirsari memiliki konsep wisata edu atau belajar mengenai batik.

Itu menjadi salah satu fasilitas terbaik yang ada di desa wisata ini. Para wisatawan nantinya akan belajar mengenai motif batik dan bahkan berkesempatan untuk membuat batik tulis sederhana.

Selain pusat edu wisata batik, desa Wukirsari juga menyediakan fasilitas lengkap lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas untuk kendaraan roda empat dan roda dua.
  • Balai pertemuan yang bermanfaat.
  • Tempat makan untuk para wisatawan membeli makanan dan minuman.
  • Kamar mandi umum.
  • Kios souvenir dan oleh-oleh.
  • Berbagai macam pilihan kuliner.
  • Mushola.
  • Outbound yang seru dan menantang.
  • Selfie area dan spot foto yang menawarkan pemandangan alam perbukitan hijau.
  • WiFi area.

Dengan berbagai fasilitas pendukung tersebut, desa wisata Wukirsari siap menjadi destinasi wisata alam dan budaya yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta, khususnya Bantul.

Penghargaan Desa Wisata Wukirsari

Banyak sekali penghargaan yang sudah diraih dari desa wukirsari dalam bidang pariwisata baik yang diberikan dari pemerintah atau pihak swasta.

Penghargaan itu antara lain :

Peringkat VI Pengelola Desa Wisata Nasional 2014

Juara III Pokdarwis Bantul 2014

Juara I Desa Wisata Mandiri Bantul 2014

Juara III Desa Wisata DIY 2014

Juara I Festival Kuliner Kampung Wisata DIY 2015

Peringkat VI Pokdarwis Nasional 2016

ASEAN Award untuk Homestay Adiluhung 2016

Juara I Pokdarwis DIY 2016

Juara II Pokdarwis Bantul 2016

Peringkat V Pokdarwis Nasional 2017

Peringkat VI Pokdarwis Nasional 2016

ASEAN Award untuk Homestay Adiluhung 2016

Juara I Pokdarwis DIY 2016

Juara II Pokdarwis Bantul 2016

Peringkat V Pokdarwis Nasional 2017

Juara I Homestay Sungsang  Tingkat Kabupaten  2021

Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif Trisakti Tourism Award 2021

Desa Binaan Kemenparekraf RI 2021

100 Besar Wisata ADWI Tahun 2022

Desa Berkelanjutan Kemenparekraf RI 2022

 

Biaya Masuk Desa Wisata Wukirsari

Perlu Anda ketahui juga bahwa desa wisata satu ini menjadi salah satu destinasi wisata murah dan mengedukasi. Seperti desa wisata pada umumnya, aktivitas warga desa Wukirsari akan dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan proses pembuatan tatah sungging, maka bisa datang ke salah satu pengrajin yang ada di waktu tersebut. Untuk biayanya sendiri, Anda hanya perlu membayar parkir. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin melihat proses membatik atau tanah sungging itu gratis.

Sebaiknya Anda tidak mengunjungi desa Wukirsari terlalu siang karena pastinya akan terganggu dengan matahari yang terik. Selain itu, waktu tersebut tentu tidak akan cukup untuk mencoba semua pusat wisata yang ada di desa Wukirsari.

Suasana desa yang masih sangat asri dengan pohon rindah dan persawahan hijau akan membuat para wisatawan yang berkunjung terpesona. Desa Wukirsari adalah pusat wisata yang tepat untuk melepaskan penat.

Dengan perpaduan wisata edukasi dan wisata alam, Desa Wukirsari sukses menciptakan desa wisata yang berkualitas. Bahkan kehadirannya membuat banyak desa wisata lain mulai bermunculan.

Untuk Anda yang ini mengunjungi wisata alam di Yogyakarta dan tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka desa wisata Wukirsari menjadi jawaban yang tepat. Di sini Anda bahkan bisa  sekaligus belajar mengenai kesenian daerah, termasuk salah satu yang paling khas adalah batik tulis di kampung batik Giriloyo. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak ternilai harganya di desa wisata ini.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

kampung-batik-Giriloyo

4 DESA WISATA DI JOGJAKARTA

28 Desember 2021 827x UMUM, WISATA

Eksotisme Kampung Desa Wisata Jogja Mengisi liburan bersama keluarga atau pun kerabat di Daerah Istimewa Yogyakarta kita dapat mengunjungi desa wisata. Yogyakarta memiliki beberapa kampung desa wisata yang berada di daerah sekitaran Jogja yang dapat menjadi alternatif pengisi liburan yang menyenangkan. Kampung Desa Wisata Di Jogja memiliki pemandangan alam y... selengkapnya

Kampung Batik Giriloyo

Intip Keseruan Wisata dan Belanja di Kampung Batik Giriloyo!

14 Januari 2023 1.126x WISATA

Siapa yang kemana-mana suka pakai baju batik sebagai outfit andalan? Sebagai warga negara Indonesia, memang sudah seharusnya kita melestarikan warisan budaya yang satu ini. Apalagi, batik sudah  ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Kalau ingin mengenal lebih dalam tentang batik, Sahabat Batik bi... selengkapnya

WISATA BATIK

Destinasi Wisata Batik di Nusantara, Wisata Sambil Belajar

19 September 2021 308x WISATA

Batik telah menjadi kain khas Indonesia. Di mana dapat Anda temukan di kota-kota besar maupun kecil di seluruh Nusantara.Para wisatawan yang berkunjung ke setiap daerah pasti akan menemukan batik dengan ragam motif yang berbeda. Sehingga tidak mengherankan jika di Indonesia Anda bisa melakukan wisata batik di beberapa kota. Bahkan di Indonesia terdapat beber... selengkapnya

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.