Hotline 081328174522
Informasi lebih lanjut?
Home » UMUM » Sejarah Batik Giriloyo di Jogja
sejarah batik giriloyo

Kampung batik Giriloyo jogja

Sejarah Batik Giriloyo – Jalan-jalan ke Kota Jogja kurang lengkap rasanya jika tak mampir ke Sentra Batik Giriloyo. Sebab selain bakpia dan kerajinan perak, Kota Gudek juga memiliki oleh-oleh khas lain yang mendunia yaitu Batik Tulis Giriloyo. Apa sih keunikan Batik Tulis Giriloyo? Agar Anda tak semakin penasaran, yuk simak ulasan mengenai sejarah  Batik Giriloyo pada ulasan berikut ini.

Sejarah Batik Giriloyo

Tidak ada data yang pasti mengenai sejarah Kampung Batik Giriloyo. Namun, diperkirakan Batik Giriloyo telah ada sejak abad 17 masehi tepatnya pada masa pemerintahan kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sultan Agung.

Saat itu, Sultan Agung memerintahkan agar daerah perbukitan Imogiri dijadikan makam raja-raja dan saat itulah awal mula munculnya seni membatik di Giriloyo.

Seni membatik tulis di Desa Giriloyo dibawa oleh Abdi Dalem Keraton yang diperintahkan untuk menjaga makam raja-raja. Adanya keahlian membatik dari  Abdi Dalem Keraton yang bertugas di Imogiri, menjadikan masyarakat Giriloyo mahir membuat Batik Tulis karena terdapat interaksi antara penduduk desa dengan Abdi Dalem Keraton.

Pada awalnya, masyarakat Giriloyo menjadi buruh penyunting  Batik yang menjual Batik setengah jadi pada juragan Batik di Pusat Kota Jogja.

Namun, seiring berkembangnya waktu, masyarakat Giriloyo telah mahir memasarkan sendiri produknya.

Keahlian membatik yang diwariskan secara turun temurun, semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Giriloyo.

Kebangkitan Seni kerajinan Batik masyarakat Giriloyo dimulai sejak tahun 2004. Namun, keadaan berubah sejak terjadinya gempa dahsyat yang melanda Jogja pada tahun 2006 yang membuat semua Sentra Batik di daerah gulung tikar.

Keterpurukan para pengrajin Batik Giriloyo akhirnya sirna setelah mereka berinisiatif untuk bangkit kembali.

Dengat semangat kebersamaan untuk menuju kejayaan, masyarakat Giriloyo membentuk kelompok pengrajin Batik yang dinaungi oleh Paguyuban Batik Giriloyo.

Tak disangka, usaha masyarakat Giriloyo untuk bangkit kembali mendapat respon baik dari LSM sosial dan pemerintah, sehingga mereka pun akhirnya mendapatkan pendampingan dan pelatihan Seni Batik Tulis dari tahap awal hingga siap dipasarkan.

Tak hanya itu, masyarakat Giriloyo juga mendapatkan pelatihan cara dan strategi pemasaran Batik Tulis, sehingga produk mereka dapat dikenal oleh masyarakat.

Kemudian pada tahun 2007 hingga 2008, pemerintah memberikan cucuran dana untuk memperbaiki sarana pra sarana seperti jalan akses masuk Desa Giriloyo.

Tak hanya itu, di tahun yang sama pula, LSM sosial memberikan bantuan untuk membangun gazebo tempat belajar membatik dan gallery untuk memamerkan hasil karya pengrajin yang saat ini telah menjadi Gazebo Wisata Batik Giriloyo.

Selain itu, pada tanggal 27 Mei 2007 masyarakat Giriloyo melakukan aksi membatik di atas kain sepanjang 1,200 meter yang memecahkan rekor Muri.

Aksi masyarakat Giriloyo yang memecahkan rekor Muri yakni  membuat batik terpanjang di Indonesia, menjadikan Batik Giriloyo sebagai oleh-oleh khas Jogja yang unik dan Istimewa.

Bahkan, saat ini Sentra kerajinan Batik Giriloyo tak pernah sepi pengunjung yang kepincut belajar seni Batik Tulis hingga membelinya sebagai cendera mata untuk dibawa pulang ke rumah.

Budaya Batik yang telah ada sejak zaman dahulu, mendatangkan pundi-pundi rejeki bagi masyarakat, terutama yang ada di Desa Giriloyo.

Saat ini, produk Batik Tulis Giriloyo khas Jogja telah terkenal hingga manca negara.

Hal ini disebabkan oleh strategi pemasaran Batik yang menggandeng agen perjalanan wisata untuk mendatangkan pembeli.

Demikianlah ulasan tentang sejarah Batik Giriloyo,Anda juga dapat membaca untuk mengenal paguyuban batik Giriloyo di artikel yang lain.

Trimakasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

wisata belajar batik

Mengenal  Paguyuban Batik Giriloyo

31 Desember 2020 1.229x PAGUYUBAN

Batik Giriloyo Paguyuban Batik Tulis  Giriloyo adalah wadah kelompok batik yang berada di kampung batik Giriloyo yang bertujuan untuk mengantarkan anggota paguyuban menjadi pengrajin batik yang profesional dan meningkatkan perekonomian anggota, masyarakat serta menjadikan Giriloyo sebagai pusat studi batik tulis.  Paguyuban batik ini berada di kawasan kamp... selengkapnya

Kampung Batik Giriloyo

Intip Keseruan Wisata dan Belanja di Kampung Batik Giriloyo!

14 Januari 2023 1.126x WISATA

Siapa yang kemana-mana suka pakai baju batik sebagai outfit andalan? Sebagai warga negara Indonesia, memang sudah seharusnya kita melestarikan warisan budaya yang satu ini. Apalagi, batik sudah  ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Kalau ingin mengenal lebih dalam tentang batik, Sahabat Batik bi... selengkapnya

wisata batik giriloyo

Wisata Batik Giriloyo: Kreativitas di Kampung Batik Yogyakarta

17 Desember 2021 1.071x UMUM, WISATA

Wisata batik Giriloyo sebagai tempat untuk lebih memperkenalkan batik sebagai  salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat terkenal dan ikonik. Bahkan, popularitasnya sudah mencapai tingkat dunia. Kepopuleran tersebut dikukuhkan oleh UNESCO sejak Oktober 2009 yang mengakui batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Namun, masih banyak yang abai tenta... selengkapnya

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.