Beranda » WISATA » Destinasi Wisata Batik di Nusantara, Wisata Sambil Belajar
WISATA BATIK

Wisata Belajar Batik

Batik telah menjadi kain khas Indonesia. Di mana dapat Anda temukan di kota-kota besar maupun kecil di seluruh Nusantara.Para wisatawan yang berkunjung ke setiap daerah pasti akan menemukan batik dengan ragam motif yang berbeda. Sehingga tidak mengherankan jika di Indonesia Anda bisa melakukan wisata batik di beberapa kota.

Bahkan di Indonesia terdapat beberapa kota batik. Hal ini tentu saja bukanlah sesuatu yang tidak beralasan.Tidak hanya menawarkan produk diskon, kampung batik di Indonesia juga para wisatawan untuk melihat bagaimana kain dibuat bahkan dapat berpartisipasi.

Bahkan pengunjung dapat berpartisipasi dalam pembuatannya karena berfungsi sebagai tujuan wisata dan situs pendidikan batik.

Wisata Batik di Kampung Batik

Wisata budaya di Indonesia tidak hanya sebatas mempelajari sejarah atau mendengarkan cerita. Anda bisa mempelajari batik yang tidak hanya sekadar dipakai, tapi juga sangat menarik untuk dipelajari.

Sebagai warisan budaya dewasa ini batik semakin mendunia. Bahkan batik pada tahun 2019 telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Selain wisata alam di Indonesia Anda bisa menikmati wisata batik, berikut ini beberapa tempat yang bisa Anda datangi jika tertarik untuk traveling sambil mempelajari batik

  1. Wisata batik di Kampung Batik Giriloyo, Yogyakarta

Bagi para wisatawan yang ingin belajar membatik maka bisa berkunjung ke Sentra batik tulis Giriloyo.Salah satu dusun di Yogyakarta yang menjual paket wisata edukasi batik. Termasuk dalam paket wisata ke rumah adat dan makam raja-raja Mataram di puncak Bukit Imogiri.

Selain traveling dan belajar Anda juga dapat menikmati kuliner khas dusun tersebut, yaitu pecel kembang turi (nasi dengan kuah kacang disertai sayuran) dan wedang uwuh (minuman tradisional Jawa).

  1. Kampung Batik Semarang

Konon kampung ini merupakan tempat lahirnya batik Semarang setelah “tertidur” pada masa pendudukan Belanda.

Kampung Batik Semarang juga merupakan memiliki spot berfoto yang bagus karena memiliki banyak jenis batik yang Instagramable. Harga batik di sini bervariasi, mulai dari Rp 50.000 untuk batik sablon hingga Rp 5 juta untuk batik tulis yang menampilkan motif ala Semarang.

Nah bagi Anda yang tidak mencari batik atau baju, tempat ini juga menjual berbagai aksesoris batik, mulai dari tas dan sepatu hingga gantungan kunci.

  1. Kampung Batik Laweyan, Surakarta

Kampungdi Surakarta ini menjadi salah satu dari beberapa kampung batik yang dapat Anda kunjungi. Laweyan dulunya adalah pemukiman kuno kini menjadi cagar budaya yang mempunyai situs sejarah.

Terdapat puluhan rumah di kampung ini selain berfungsi sebagai toko batik, bengkel tempat mereka membuat kain dan membuat pola baru juga tersedia rumah untuk para perajin.

Batik Solo identik dengan warna tanah dan tentunya dengan harga yang bervariasi. Yang paling murah adalah batik cap, sementara yang paling mahal adalah batik tulis dengan pewarna alam.

  1. Wisata batik Batik Trusmi, Cirebon

Tidak sedikit orang yang mengenali Trusmi sebagai nama toko atau salah satu brand batik Cirebon, padahal faktanya Trusmimerupakan kampung tempat para perajin batik Cirebon.

Beralamat di Kota Cirebon, pengunjung dapat memasuki kawasan yang terletak di belakang toko besar Batik Trusmi di sisi Jl. Raya Plered. Di sana terdapat puluhan sentra batik yang membuat kain batik.

Kampung ini juga menawarkan masakan khas Cirebon, seperti tahu gejrot (tahu goreng saus pedas manis) dan empal gentong (sup daging sapi aromatik).

  1. Kampung Batik Putat Jaya, Surabaya

Tahukah Anda jika kampung ini dulunya merupakan rumah bagi distrik lampu merah Dolly. Namun, sekarang menjadi kampung batik yang populer bagi wisatawan di Surabaya dengan motif khas daun (daun) dan buah jarak.

Tidak heran jika kawasan ini selalu dipadati pengunjung, mulai dari ibu-ibu dan pelajar hingga wisatawan lokal dan mancanegara. Tak hanya itu, kampung Batik Putat Jaya juga menawarkan workshop membatik, diskusi dan tur produksi batik.

  1. Wisata batik Kampung Batik Palbatu, Jakarta

Kampung yang terletak di Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan ini mulai beroperasi sejak 2011. Kampung ini memegang dua rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk jalan batik terpanjang dan rumah bercat batik terbanyak.

Hal inilah yang membuat ramai pengunjung walau untuk sekadar berfoto selfie karena terkenal instagrammable.

  1. Wisata batik Kampung Batik Kauman, Solo

Jika Anda sedang berlibur ke Solo, maka Anda harus berkunjung di tempat ini. Kampung ini merupakan pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan yang hingga saat ini masih mempertahankan tradisi membatik.

Selain sebagai kampung tertua di Solo, Kampung Kauman ternyata dulunya sangat jaya dalam menyiarkan agama Islam. Di kampung ini Anda bisa mendapatkan batik tradisional ataupun modern.

Penutup

Selain di atas ada banyak tempat wisata batik yang bisa Anda kunjungi atau menjadi inspirasi wisata nantinya. Tentunya sangat cocok untuk Anda yang memang sangat menyukai batik. Wisata sambil belajar batik, kenapa tidak?

Nah, jika Anda ingin mendapatkan batik dengan kualitas terbaik, ada baiknya jika mengunjungi website resmi kami terlebih dahulu. Kami dari Batik GiriLoyo menyediakan ragam motif dan warna batik kesukaan Anda, yang tentu harganya sangat terjangkau. Segera pesan batik dari kami, ya!

Tags:

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.