Beranda » WISATA » Nikmati wisata Batik Giriloyo Khas Keraton Yogyakarta Yang istimewa
wisata Batik

wisata Batik Giriloyo Khas Keraton Yogyakarta

      Yogyakarta terkenal dengan aneka ragam obyek wisata, mulai dari pendidikan, kuliner, sejarah, hingga budaya. Sehingga, kurang lengkap rasanya jika tak mengunjungi satu dari sekian banyak obyek wisata Yogyakarta yang sarat akan legenda dan pelajaran tentang nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil hikmahnya untuk diamalkan pada kehidupan sekarang.Salah satu wisata edukasi di jogja adalah wisata batik Giriloyo.

Mengenal Kampung Wisata Batik Giriloyo

       Salah satu produk khas Kota Gudek yang banyak diburu oleh wisatawan adalah Batik yang saat ini telah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Jika berbicara tentang Batik, ada satu tempat kerajinan Batik di Yogyakarta yang menawarkan paket wisata belajar  seni Batik tulis khas Keraton Yogyakarta yakni Kampung Batik Giriloyo yang terletak di Imogiri.

       Sentra Batik Giriloyo termasuk  yang tertua dan terbesar di sebelah tenggara Yogyakarta(Sejarah kampung batik Giriloyo jogja), sehingga nama Desa Giriloyo tidak terdengar asing di telinga masyarakat Jogja.
Terdapat sekitar 500 pengrajin Batik di Kampung Batik Giriloyo yang terbagi menjadi 12 kelompok dengan  kemampuan dapat  memproduksi sekitar 100 buah  Batik tulis  setiap bulannya.

       Letak Kampung Batik Giriloyo ada di Jalan Imogiri Timur KM 14, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat di Kampung Batik Giriloyo memiliki kemampuan membatik yang diwariskan secara turun temurun sejak dahulu.

Konon, Seni Batik Tulis Giriloyo sudah ada sejak abat 17 dan masih eksis dan semakin berkembang pesat hingga sekarang.

       Saat pertama kali masuk ke Kampung Batik Giriloyo, Anda akan melihat beberapa ibu-ibu di sebuah Gazebo yang sibuk membatik dengan menggunakan kain putih, canting, dan lilin.

Mereka menggunakan kain katun jenis Primasima untuk menghasilkan Batik Tulis Giriloyo yang terkenal dengan kualitasnya yang terbaik.

       Kelompok pengrajin Batik Tulis Giriloyo, membutuhkan waktu minimal 1 bulan untuk menghasilkan Batik dengan kualitas terbaik.

Sebab, untuk menghasilkan Batik yang berkualitas membutuhkan ketelitian dan kesabaran sesuai dengan kerumitan pengerjaan Batik Tulis dan bahan yang digunakan untuk membatik.

Wisata Batik dan Belanja Batik Tulis Giriloyo

       Hal yang menarik saat berkunjung ke Desa Wisata Batik Giriloyo adalah saat mencoba belajar membatik menggunakan kain putih seukuran sapu tangan yang sudah digambari pola dan canting yang hasilnya bisa dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Tentunya, bagi Anda yang baru pertama kali membatik akan merasakan sensasi belajar yang berbeda dan menyenangkan.

       Adanya edukasi membatik di Kampung Batik Giriloyo, memberikan pengalaman wisata batik yang menyenangkan bagi masyarakat sekaligus mengenalkan cara pembuatan Batik sebagai ciri khas Indonesia.

Oleh karenanya, Gazebo Batik Giriloyo yang diresmikan sejak tahun 2008 ini tidak pernah sepi pengunjung terutama dari kalangan wisatawan yang ingin mempelajari seni membatik.

       Tak hanya belajar membatik, Anda juga akan diperlihatkan proses pewarnaan Batik di Desa  Giriloyo.

Masyarakat Giriloyo menggunakan pewarna alami untuk mewarnai Batik Giriloyo yang berasal dari kunyit, kulit kayu, secang , daun jati dan pewarna alami lainya.

Penggunaan pewarna alami menjadikan warna yang dihasilkan pada Batik Giriloyo lebih awet dan indah.

       Dalam proses pewarnaan Batik, Kain yang sudah berhias motif batik kemudian dicelupkan pada air pewarna lalu digosok-gosok secara perlahan agar pewarna masuk ke dalam seluruh bagian kain.

Selanjutnya masuk pada proses Nglorot yaitu  kain dicelupkan ke air mendidih agar lilin yang menempel luntur kemudian kain di cuci, dibilas dan dijemur.

       Untuk menghasilkan kain Batik dengan warna berkualitas, proses pewarnaan diulang-ulang hingga menghasilkan warna-warna terbaik. Hal inilah yang menjadikan pengerjaan selembar kain batik membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya.

Tentunya, proses pewarnaan seperti ini menghasilkan Batik Giriloyo yang memiliki ciri khas warna-warna yang berwibawa dan natural.

       Selain itu, proses pewarnaan Batik di Desa Giriloyo tidak meninggalkan limbah yang mencemari lingkungan karena masyarakat telah membuat bak khusus untuk mengalirkan limbah sisa pewarna Batik. Oleh karenanya, kegiatan membatik di Kampung Batik Giriloyo sangat ramah lingkungan dan produk Batik yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik.

       Setelah diajarkan cara membatik, wisatawan yang bertandang ke Kampung Batik Giriloyo akan diajak ke show Room tempat hasil kerajinan Batik dipamerkan.

Banyak motif-motif Batik dengan warna-warna yang menarik dapat Anda Beli di Show room Sentra Batik Giriloyo. Harga Batik yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

       Ada juga Batik yang sudah berbentuk pakaian yang bisa langsung dikenakan. Variasi harga Batik tulis Giriloyo disesuaikan dengan kerumitan proses pengerjaan serta pelukisan  motif Batik.

Meskipun lama dalam proses pengerjaan, Batik tulis Giriloyo yang merupakan warisan budaya nenek moyang tetap dapat bersaing mengikuti trend Batik zaman sekarang.

       Mengisi liburan di Kampung Batik Giriloyo, tentunya akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan untuk Anda dan keluarga.

Fasilitas yang disediakan pengelola Desa wisata Batik Giriloyo seperti joglo untuk seminar dan workshop, gallery Batik Tulis, wifi, mushola dan toilet umum akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di Kampung Batik Giriloyo.

       Jika Anda ingin mengunjungi Kampung Batik Giriloyo, disarankan untuk mengikuti paket wisata belajar membatik yang telah disediakan oleh pengelola Desa Wisata Giriloyo.

Paket wisata membatik di Desa Giriloyo dapat diikuti minimal 5 orang dan maksimal 500 orang dengan durasi waktu hingga 2jam.

Paket wisata belajar membatik di Desa Giriloyo sangat cocok untuk mengisi liburan Anda dan keluarga karena suasana Desa Giriloyo sangat sejuk dan asri.

       Kegiatan yang akan Anda ikuti dalam paket wisata Batik Giriloyo adalah pengenalan mengenai sejarah Batik Tulis Giriloyo, Belajar seni membatik menggunakan kain dan canting serta jalan-jalan ke Gallery Batik.

Anda juga dapat belanja Batik di show room Kampung Batik Giriloyo dan menikmati makanan tradisional khas Jogja sebagai akhir dari rangkaian paket wisata Batik Giriloyo.Lebih lengkapnya anda juga bisa baca diartikel wisata edukasi batik di kampung batik Giriloyo.

       Harga paket wisata Batik Giriloyo pun ramah kantong, sesuai dengan jumlah peserta. Anda cukup menghubungi pihak pengelola melalui kontak yang telah disediakan di website Batik Giriloyo.

Selanjutnya, pihak pengelola akan menghubungi Anda melalui email yang isinya penawaran paket wisata Batik  sesuai kebutuhan sehingga Anda dapat merencanakan anggaran yang akan digunakan.

       Kampung Batik Giriloyo yang terletak di kaki bukit dekat makam raja-raja Imogiri, merupakan destinasi wisata khas Yogyakarta yang terus melestarikan budaya membatik melalui edukasi.

Selain itu, produk-produk karya pengrajin Batik di Kampung Batik Giriloyo sangat laku dipasaran dan motif-motifnya sangat unik dan kekinian.

       Dalam memasarkan produknya, masyarakat Giriloyo juga memanfaatkan internet sebagai alat pemasaran sehingga Batik Giriloyo dikenal dimana-mana.

Oleh karenanya, Batik Tulis Giriloyo tetap eksis hingga saat ini dan tak tergerus waktu.

Selain itu, Batik juga merupakan pakaian khas tanah air  yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Demikianlah ulasan mengenai wisata Batik Giriloyo.

      Jadi kapan Anda dan keluarga  akan  berkunjung ke Kampung  wisata  Batik Tulis  Giriloyo? Ditunggu kedatangannya ya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.