Beranda » GALERI » Keberagaman Motif Batik Jogja di Giriloyo
motif batik Jogja

motif batik Jogja

Giriloyo dikenal erat sebagai kampung batik yang ada di Jogjakarta. Kampung Giriloyo memiliki potensi batik yang sangat besar. Beragam motif batik Jogja pun bisa Anda dapatkan di sini.

Banyaknya pengrajin batik di kampung Giriloyo juga membuat kampung ini dikembangkan menjadi sentra kerajinan batik tulis di Yogyakarta. Kemudian pemerintah setempat menjadikan kampung Giriloyo sebagai kampung eduwisata batik yang dapat memberikan pengetahuan proses membatik kepada pengunjungnya.

Untuk mendapatkan kemudahan akses menuju sentra kerajinan batik tulis Giriloyo, Anda dapat menghubungi kami melalui website ini!

Motif Batik Jogja yang Ada di Giriloyo

Sebagai kampung eduwisata batik, Kampung batik Giriloyo punya banyak pengrajin batik yang kebanyakan anggotanya adalah wanita. Keterampilan membatik inilah yang kemudian menjadi mata pencaharian masyarakat di Giriloyo.

Jika Anda berkunjung ke Kampung Giriloyo, maka Anda dapat menyaksikan secara langsung proses membatik para pengrajin di sini. Biasanya para pengrajin melakukan proses membatik di tempat terbuka sebagai sarana edukasi kepada pengunjung yang datang.

Selain melihat proses membatik di sini, Anda tentu bias memilih beragam motif batik tulis yang Anda sukai sebagai pilihan dan referensi Anda untuk dijadikan oleh-oleh.

Lalu, motif apasaja yang bisa Anda dapatkan di Kampung Giriloyo? Berikut kami paparkan jenis motif batik Jogja di Giriloyo :

  1. Motif Parang

Motif Parang menjadi salah satu motif yang sering dicari dan disukai oleh wisatawan. Motif ini memiliki makna sebagai perjuangan seseorang untuk memperjuangkan kesejahteraan, perbaikan diri, dan pertalian keluarga

  1. Motif Parang Rusak

Motif yang satu ini menunjukkan sebuah perbedaan kelas social karena motif Parang Rusak biasa dipakai oleh kaum bangsawan. Motif Parang Rusak secara tidak langsung menceritakan pertemuan Sultan dan Ratu Kidul. Motif ini biasanya menunjukkan gambaran karang yang terkikis.

  1. Motif Bantulan

Motif khas yang ada di Jogja adalah motif bantulan. Motif ini menunjukkan gambaran geografis daerah Bantul di Yogyakarta.

  1. Motif Sido Mukti

Motif Sido Mukti memiliki makna sebuah harapan untuk mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin

  1. Motif Sido Luhur

Motif Sido Luhur bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai panutan

  1. Motif Sido Asih

Motif Sido Asih memiliki makna kasih sayang terhadap sesama.

  1. Motif Pringgodani

Motif yang satu ini adalah motif yang menunjukkan gambaran tempat tinggal Gatot Kaca yang berada di Pringgodani.

  1. Motif Manggaran

Motif Manggaran juga biasa disebut Motif Sigar Semangka di Kampung Giriloyo. Motif ini berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Motif yang terdapat dalam batik tulis ini adalah bunga kelapa yang dimanfaatkan sebagai gudeng dengan makna hidup bermanfaat.

Selain beberapa motif batik Jogja tersebut, kami juga menyediakan beragam motif lainnya seperti Pisang Mas, Mega Mendung, Merak, Adiluhung, Kawung Picis, dan lain sebagainya. Beragam batik tulis tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui website kami, atau Anda bias berkunjung secara langsung ke Kampung Giriloyo.

Ciri Khas Motif Batik Jogja yang Ada di Giriloyo

Batik tulis menjadi warisan kebudayaan yang harus dilestarikan. Beragam motif batik tulis Jogja yang ada di Giriloyo tentu memiliki nilai dan karakteristik budaya yang khas..

Hingga saat ini, motif batik tulis Jogja mengalami beberapa pengembangan motif yang tetap mengacu pada motif dasar batik tulis Jogja. Dengan demikian motif batik tulis Jogja yang bisa Anda temukan di Giriloyo memiliki keberagaman motif yang khas.

Nah, berikut adalah cirikhas motif batik tulis khas Jogja yang perlu Anda tahu :

  1. Warna dasar yang khas

Warna dasar atau latar batik khas Jogja memiliki kekhasan tersendiri. Warna dasar atau latarnya biasanya berwarna hitam, putih, atau biru kehitaman. Kemudian untuk pewarnaan batik khas Jogja biasanya didominasi warna coklat, putih bersih, biru tua, ataupun hitam.

Inilah yang menjadi ciri yang menjadi ciri dasar yang bisa di temukan pada batik Jogja.

  1. Dipengaruhi oleh geografis dan kondisi alam Jogja

Keberagaman motif batik tulis Jogja juga dipengaruhi oleh kondisi geografis dan kondisialam di Yogyakarta. Hal ini karena kehidupan masyarakatnya bergantung dengan tanah dan pertanian. Dalam pewarnaannya pun menggunakan warna tradisional yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar, seperti ranting, tanaman, hingga kulit kayu.

  1. Terdiri atas motif geometris dan non geometris

Cirikhas lain pada motif batik tulis Jogja adalah adanya motif geometris dan non geometris. Motif geometris pada batik Jogja ialah motif ceplok dengan pola simetris bentuk lingkaran, kotak, bintang garis, dan garis-garis miring.

Sedangkan pada motif non geometris biasanya terdapat dalam motif semen, lung-lungan, dan buketan. Motif non geometris biasanya didominasi oleh bentuk tanah, bumi, gunung, flora, danĀ fauna.

  1. Mengadopsi symbol kebudayaan Hindu

Jika diperhatikan lebih dekat, maka motif batik tulis Jogja juga mengadopsi dari symbol kebudayaan Hindu. Hal ini tertuang dalam motif semen yang terdapat gambar garuda yang melambangkan matahari, lidah api yang melambangkan Dewa Api, serta konsep dunia bawah, tengah, atas, dan mandala.

  1. Penetapan batik larangan(awisan)

Ciri khas lain yang terdapat dalam motif batik tulis Jogja ialah adanya penetapan batik larangan. Maksudnya ada beberapa motif khusus pada batik Jogja yang hanya boleh dipakai oleh Sultan dan keluarganya.

Aturan larangan batik ini diberlakukan di lingkungan keratin sajasehingga tidak berlaku pada masyarakat umum di luar keraton. Hal ini tentu menjadi kebijakan setiap Sultan yang menjabat, sehingga memungkinkan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Kampung Eduwisata Batik Jogja di Giriloyo

Sebagai kampung eduwisata, tentunya kami telah mempersiapkan konsep kampung eduwisata yang ada di Giriloyo. Sebagai sentra batik tulis yang berada di Bantul, kami memiliki komitmen yang besar dalam melestarikan kerajinan batik tulis Jogja. Oleh karenanya hal ini menjadikan batik tulis sebagai mata pencaharian utama kami.

Setiap harinya para pengrajin melakukan kegiatan membatik di tempat terbuka. Sedangkan batik-batik hasil karya pengrajin pun dipajang dengan rapi pada gantungan yang terbuat dari kayu. Hal ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk menikmati hasil karya pengrajin.

Sebagai kampung edu wisata Giriloyo yang dikenal di Jogja, kami pun mengemas kegiatan eduwisata ini dengan asyik dan menarik. Kami mengenalkan secara langsung kepada Anda sebagai pengunjung tentang proses membatik kami selama hampir 2 jam.

Peserta eduwisata yang biasa mengunjungi kami di Kampung Giriloyo meliputi pelajar, mahasiswa, rombongan keluarga, anggota instansi, hingga wisatawan mancanegara, seperti warga Amerika, Asia, Eropa, maupun Afrika.

Dayapikat Kampung Giriloyo sebagai sentra batik tulis Jogja memang mendatangkan keuntungan bagi masyarakat sekitar. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung tentu akan meningkatkan penjualan batik tulis Jogja yang ada di sini. Batik tulis Jogja pun semakin dikenal oleh masyarakat, tak hanya warga local tetapi juga warga manca negara.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kampung eduwisata Kampung Giriloyo, Anda bias dating kealamat kami yang berada di Jalan Imogiri Timur No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, DIY. Untuk mendapatkan kemudahan, Anda bias menghubungi kami melalui website Batik Giriloyo.co.id

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya di Batik Giriloyo.co.id

Kampung Giriloyo dikenal sebagai kampung eduwisata yang berada di Jogja. Kampung ini memberikan edukasi kepada pengunjung yang dating untuk belajar proses membatik hingga mengenal berbagai motif batik Jogja.

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai motif batik Jogja, Anda bias mengunjungi sentra kami di Kampung Giriloyo. Selain itu Anda juga bias menghubungi kami untuk mendapatkan beragam motif batik Jogja melalui website kami. Mari kita lestarikan budaya batik Indonesia!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.