Beranda » WISATA » Wisata Edukasi Belajar Batik Di Kampung Giriloyo
Wisata Edukasi Belajar Batik

Wisata Edukasi Belajar Batik

Wisata Edukasi

Yogyakarta sudah ditetapkan sebagai kota Batik dunia sejak tahun 2014,setelah tahun 2009 batik diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia oleh karenanya, tidak cukup rasanya jika berkunjung ke kota Yogyakarta tanpa mengikuti kelas wisata edukasi belajar Batik di kampung Giriloyo. Kampung Batik Giriloyo dengan gazebo wisatanya sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai sarana edukasi belajar batik untuk masyarakat, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

Mengikuti kelas Belajar Batik di Giriloyo, tentunya sangat menyenangkan dan mengasyikkan karena, Anda akan merasakan langsung praktik pembuatan Batik dari awal sampai akhir bersama Pengrajin Batik yang tergabung di Paguyuban Batik Tulis Giriloyo. Namun, ada beberapa proses yang akan Anda ikuti saat belajar Batik di Giriloyo yang bikin penasaran, apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Pada proses belajar membatik di kampung batik Giriloyo anda akan di dampingi instruktur batik dari pengelola Paguyuban  batik tulis Giriloyo,para pendamping batik ini akan mendampingi maksimal 5 wisatan yang belajar batik di gazebo-gazebo kecil batik.

Proses Wisata Edukasi Belajar Batik Di Kampung Giriloyo

  1. Penjelasan Wisata Edukasi Tentang Batik

Sebelum membuat batik anda akan dijelaskan apa itu batik dan sejarahnya serta penjelasan tentang kampung batik Giriloyo oleh instruktur dari pengelola kalau wisatawn banyak biasanya penjelasan akan di lakukan di joglo utama kampung batik.

  1. Membuat Pola Batik atau Nyorek.

Setelah menyiapkan kain mori, kemudian Anda akan diajak belajar nyorek dengan menggunakan kertas serta pensil untuk membuat pola dengan meniru pola yang sudah disediakan. Bagi Pengrajin yang sudah mahir, kegiatan nyorek langsung dilakukan dengan canting, namun bagi Anda yang masih pemula untuk mola Batik dilakukan di atas kertas terlebih dahulu.Kadang proses membuat pola di pada selembar kain di lewati wisatawan karna dari pengelola juga sudah menyediakan bahan kain yang sudah terpola gambar batik.

  1. Membatik Yang Menjadi Kegiatan Favorit dan menyenangkan.

Proses membatik menjadi proses yang ditunggu-tunggu oleh peserta kelas belajar Batik di Giriloyo. Pada proses membatik, Anda akan diajak untuk menorehkan malam dengan canting di atas kain dengan proses nglowong dengan mengambar pada bagian tepi kain dan nembok dengan membuat blok pada bagian kain yang tidak diberi warna, atau diberi warna lain selain putih.

  1. Proses Pewarnaan Kain Batik.

Pada proses pewarnaan kain batik, Anda akan diajak untuk praktik memberikan warna pada kain yang sudah dibatik dengan mencelupkannya pada cairan pewarna batik.anda dapat memilih warna apa yang anda sukai.Melalui proses pewarnaan, kain mori berwarna putih  yang sudah dipola akan berubah warna menjadi warna sesuai dengan keinginan sehingga Batik terlihat lebih indah.

  1. Nglorod Sebagai Proses Menghilangkan Malam Pada Kain.

Malam merupakan bahan yang digunakan untuk membatik, untuk menghasilkan Batik yang sempurna, maka proses nglorod harus dilakukan.Nglorot merupakan proses akhir dari membatik, peserta kelas belajar Batik di Giriloyo akan diajak langsung mempraktikkan proses nglorot dengan mencelupkan kain ke dalam air mendidih. Proses nglorot dilakukan agar malam benar-benar hilang dari kain untuk memperoleh Batik yang halus sehingga siap untuk dipasarkan atau di bawa pulang.

Setelah selasai mempraktikkan proses di atas, kemudian Anda  akan diajak untuk menikmati suguhan kuliner khas Giriloyo yaitu Pecel Kembang Turi dan aneka kuliner khas Jogja lainnya sesuia pesanan anda. Sebagai bagian akhir dari rangkaian belajar Batik di Giriloyo, Anda akan mendapatkan cendera mata berupa kain Batik karya sendiri dari proses belajar membatik di Giriloyo.

Proses belajar membatik di paguyuban batik tulis Giriloyo akan berbeda dengan peserta yang ingin belajar insentif,tentunya waktu akan lebih lama waktunya,kebanyakan peserta harus menginap disini karna mereka berasal dari jauh.Pengelola juga menyediakan tempat menginap di homestay yang banyak terdapat di kampung batik Giriloyo.

wisata edukasi

wisata edukasi Belajar membatik

Jadi, kapan Anda datang ke Giriloyo untuk Belajar seni membatik tulis? Ditunggu kedatangannya ya.Anda juga dapat membaca artikel sebelumnya tentang wisata batik  Giriloyo 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.